Cara Cerdas Memberi Suplemen Untuk Sang Buah Hati

Sebagai orang tua yang baik, tentunya ingin anak-anaknya tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Salah satunya adalah dengan memberikan suplemen atau multivitamin. Tapi….upss ! ternyata tak semua anak memerlukan suplemen. The American Academy of Pediatrics (AAP) mengajurkan agar orang tua berkonsultasi dulu dengan dokter anak sebelum memberikan suplemen.
Berikut beberapa tips menarik untuk disimak………

1. Dosis Tidak Berlebih
Tidak melebihi dosis yang dianjurkan adalah syarat yang tepat dalam pemberian multivitamin bagi anak. Kelebihan vitamin justru akan menimbulkan efek samping, misalnya kelebihan vitamin C akan menyebabkan tukak lambung akibat kadar asam yang tinggi, atau adanya batu ginjal akibat kelebihan vitamin D.

2. Tubuh Memproduksi Sendiri
Secara alami, sebenarnya tubuh bisa memproduksi beberapa vitamin sendiri, misalnya vitamin K. Namun ada pula yang tidak diproduksi oleh tubuh. Karenanya, tambahan multivitamin diperlukan untuk memenuhinya, dengan catatan vitamin tersebut memang diperlukan anak. Jika tidak, dikhawatirkan justru akan menimbulkan efek samping.

3. Vitamin Bukan Penambah Nafsu Makan
Vitamin bukan ditujukan untuk menambah nafsu makan. Bila kondisi anak kurang sehat, tentu nafsu makannya akan menurun. Jadi, obati dulu sakitnya, setelah pulih baru dibantu dengan multivitamin.

4. Vitamin Cair Untuk Balita
Untuk menghindari resiko tersedak, sebaiknya berikan multivitamin dalam bentuk cair atau yang bisa dikunyah.

5. Perhatikan Kandungan Vitamin
Jangan berikan suplemen yang berdosis tinggi agar anak bisa mendapatkannya dari sumber lain, misalnya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

6. Batasi dan Awasi
Dalam sehari, berikan satu macam suplemen atau vitamin saja. Anda bisa memberikan suplemen yang berbeda di hari yang lain. Awasi anak saat minum vitamin. Kadang anak menganggap vitamin seperti permen, karena rasa, bentuk dan warnanya memang menyerupai permen. Jelaskan kapan waktu yang tepat untuk minum vitamindan dampak yang ditimbulkan bila terlalu sering mengkonsumsinya. Agar lebih aman, letakkan vitamin ditempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak.

Semoga bermanfaat……………………..
(Al Falah/IV/08)

Tidak ada komentar: