10 Kesalahan Dalam Berdiet (Part. 2)

6. Banyak Minuman Manis
Pilihan untuk minum lebih banyak daripada makan makanan padat sering dilakukan oleh pelaku diet. Namun sayangnya banyak diantara mereka yang memilih softdrink atau minuman manis lainnya. Faktanya, segelas teh manis (225 kalori) setara dengan 2 buah lemper ayam atau 1 donat bergula.
Solusinya, perbanyak minum air putih atau jus buah tanpa gula karena banyak minum air putih juga akan meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh sekitar 30 %.

7. Salad Bermayones
Salad memang mengandung banyak serat. Namun jika mengkonsumsinya ditambah dengan mayones dan crouton (roti kering yang dipotong kecil dan mengandung banyak mentega) ternyata memberi asupan sebanyak 490 kalori yang setara dengan double burger di restoran cepat saji.
Solusinya, pilih semangkuk salad yang berisi selada, wortel, tomat, seledri dan mentimun dengan siraman minyak zaitun dan light mozzarella cheese yang setara dengan 100 kalori dan menyantapnya sebelum makanan utama, karena akan mengurangi pemasukan kalori sekitar 12 %.

8. Terserang Eating Amnesia
Masih ingat berapa banyak makanan yang kita makan saat sambil nonton teve atau baca majalah favorit ?
Dalam situasi seperti itu, ternyata otak tidak mengirimkan sinyal rasa kenyang sehingga kita cenderung masih merasa lapar dan ingin menambah porsi makan secara terus-menerus.
Solusinya, terapkan peraturan bagi seluruh anggota keluarga untuk selalu makan di meja makan serta hindari ngemil saat membaca atau nonton teve. Kebiasaan ini akan membuat kita terlatih untuk fokus pada makanan kita.

9. Diet Terlalu Ketat
Jika anda melakukan diet yang pantang mengkonsumsi beras putih, pasta, roti, telur dan susu, maka dalam jangka panjang diet seperti ini tidak baik bagi kesehatan karena kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tidak tercukupi.
Solusinya, lebih baik pilih makanan yang rendah lemak ketimbang tidak makan makanan berlemak sama sekali. Batasi porsi sewajarnya dan untuk menghindari rasa lapar, lebih baik makan dengan porsi kecil sehingga seringnya frekuensi makan tidak menggangu diet.

10. Melupakan Olahraga
Diet tanpa olah raga ? rasanya bukan pilihan yang tepat……
Faktanya, olahraga justru mampu meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh yang membantu proses pembakaran lemak dan kalori. Proses inilah yang memungkinkan berat badan akan turun lebih cepat.
Solusinya, diet yang tepat adalah mengatur pola makan agar asupan kalori bisa terkontrol disertai dengan olah raga secara teratur agar postur tubuh ideal yang kita idamkan bisa kita dapatkan.

Semoga bermanfaat…………………………………………………………………
(dimodifikasi dari Nakita;465/TH.IX/III/08)

Tidak ada komentar: