Bank-kan Hasil Ngemis selama 44 Tahun

Hemat pangkal kaya, gemar menabung demi masa depan tampaknya benar-benar dipegang teguh oleh Laxmi Das, seorang wanita asal Kalkuta, India. Maka tak heran jika baru-baru ini perempuan 60 tahun yang dikenal sebagai pengemis itu membuka rekening pertamanya di sebuah bank dengan setoran awalnya berupa recehan seberat 91 kilogram yang diperolehnya dari hasil meminta-minta selama sekitar 44 tahun terakhir.
“Saya sengaja menyimpannya sebagai modal jika suatu saat nanti saya tidak bisa meminta-minta lagi” ujar Das saat diwawancarai BBC pada Kamis (10/07/08). Menurut pengakuannya, dia sudah menjadi pengemis sejak masih kanak-kanak lantaran virus polio yang menyerang kakinya.
Awalnya Das tidak berniat menyimpan harta karunnya itu di Bank. Namun atas anjuran beberapa personel kepolisian setempat, dia pun bersedia membawa recehan seberat 91 kilogram tersebut ke Bank Sentral India cabang Manikota, karena ternyata diantara ribuan keping koin tersebut terdapat beberapa koin langka yang saat ini bernilai sekitar USD 800.
Manajer Bank Sentral India cabang Manikota T.K. Haldar memuji sikap bijak Das yang mau bersusah payah meyisihkan pendapatannya demi masa depan. “Dia bisa dijadikan teladan supaya masyarakat gemar menabung. Das sudah membuktikan bahwa berapapun pendapatan yang kita peroleh, kita tetap bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung” ujarnya.
Menerima setoran berupa receh seberat 91 kilogram ternyata bukan perkara mudah bagi Bank Sentral India. Dibutuhkan waktu selama tiga hari untuk menghitung jumlah setoran awal Das.
(JawaPos 12/07/08)

Tidak ada komentar: