10 Kesalahan Dalam Berdiet (Part. 1)

Maunya pengen punya bentuk tubuh ideal, tenyata malah ganguan kesehatan yang didapat. Gak mau kan gara-gara diet sembarangan malah bikin kita sengsara ?
Coba deh simak 10 kesalahan dalam berdiet dalam solusinya....

1. Melewatkan Waktu Makan
Seringkali demi target jumlah kilogram yang ingin kita turunkan, akhirnya sarapan dan makan malam lewat begitu saja. Padahal dampak jika kita tidak sarapan adalah susah konsentrasi dan pada waktu makan siang porsi makan kita justru lebih banyak. Sedangkan dengan tidak makan malam, seseorang berpotensi mengalami hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah.
Solusinya, pilihlah sarapan dengan jumlah kalori terbatas, misalnya bubur ayam tanpa telur dan kecap asin atau roti gandum dengan keju rendah lemak tanpa mentega. Sedangkan untuk makan malam, cobalah seporsi kecil nasi dengan daging panggang atau ayam yang diolah tanpa minyak. Faktanya, dengan makan teratur 3 kali sehari justru akan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Makan Terburu-buru
Meskipun takarannya pas, makan terburu-buru ternyata membuat kita cenderung makan lebih banyak.
Solusinya, cobalah untuk menikmati makanan anda dalam setiap kunyahan karena kunyahan demi kunyahan di mulut akan mengirimkan sinyal-sinyal rasa kenyang di otak yang kemudian membantu menekan selera makan anda. Bagi yang belum terbiasa, cobalah untuk minum air setiap kali anda selesai menelan makanan anda dan kunyahlah makanan beberapa kali sebelum anda menelannya.

3. Salah Pilih Camilan
Untuk mengurangi rasa lapar berlebihan, dalam berdiet memang dianjurkan untuk ngemil. Namun fatal akibatnya bila kita camilan berupa gorengan, coklat, kue-kue gurih ataupun softdrink karena justru menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.
Solusinya, pilih camilan rendah kalori tapi mengenyangkan, misalnya kacang rebus, namun jangan lebih dari sepiring kecil. Selain itu sebuah pisang atau apel juga pilihan altenatif yang patut dipertimbangkan.

4. Berharap Bobot Turun Drastis
Berharap berat badan turun dalam waktu singkat merupakan kesalahan besar para pelaku diet. Umumnya mereka cenderung menyerah jika harapan tak segera tercapai.
Solusinya, cobalah untuk bersikap realistis karena diet bukan cuma mengurangi porsi makan, melainkan perubahan gaya hidup untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan terukur. Penurunan 0,5 sampai 1 kg per minggu merupakan angka realistis yang mudah dicapai dengan pola makan yang tidak terlalu ketat. Dalam jangka panjang, penurunan secara gradual ini akan mempertahankan berat badan secara lebih stabil.

5. Makanan Kegemaran Keluarga
Dengan alasan sayang keluarga, akhirnya kita ikut-ikutan menyantap makan berlemak dan berkalori tinggi di meja makan bersama anggota keluarga yang lain. Ancur deh dietnya….. :(
Solusinya, makanlah menu favorit keluarga dalam porsi kecil dan perbanyaklah porsi salad atau sayurannya. Sebisa mungkin gantilah menu favorit keluarga anda dengan makanan sehat rendah lemak, sehingga menyehatkan seluruh anggota keluarga.

Tidak ada komentar: